Jumat, 22 April 2011

Rian d'Masiv Bantah Jiplak Lagu

JAKARTA, RABU - Diperbincangkan di internet, delapan lagu yang terdapat dalam album Perubahan, album pertama grup d'Masiv, amat mirip dengan lagu-lagu milik sejumlah pemusik luar negeri yang lebih dulu keluar dan menjadi hit. LaguCinta Ini Membunuhku, yang menerbangkan nama d'Masiv, contohnya, disebut-sebut serupa dengan laguI don't Love You milik band My Chemical Romance.
"Dari awal kami bermusik, enggak pernah terpikir untuk meniru lagu siapapun. Mungkin karena sekarang kami lagi diperhatikan orang, makanya ada kabar seperti itu. Kami menganggap isu sebagai kritik, agar ilmu bermusik kami menjadi lebih baik lagi," tekan Rian, vokalis d'Masiv, usai mengisi acara di Studio Penta, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (6/1).
Menurut Rian, isu yang tengah menghinggapi grupnya itu merupakan hal yang biasa. "Setiap band pasti sedikit banyak dipengaruhi band-band terdahulu yang dikagumi oleh mereka. Bagitupun dengan d'Masiv. Tapi, kalau disimak lagi, sebenarnya enggak sama. Dari notasinya saja beda banget, begitu juga dengan baitnya," ujarnya lagi.
Kendati ada kemiripan, lanjut Rian, itu hanya tiga kord, yang pemusik lain pun pernah mengalaminya. "Kaya musik blues. Ada jutaan lagu yang tiga kordnya ada yang sama," katanya.
Rian sendiri mengaku sangat terinspirasi oleh gaya panggung vokalis Queen, Freddie Mercury. "Dari orok (bayi) aku sudah dengar lagu Queen. Dari caraku bernyanyi pun sangat terpengaruh oleh gaya Queen. Tapi, meskipun begitu, kami yakin lagu d'Masiv yang hit adalah lagu yang menyentuh orang," katanya lagi.
Lagu-lagu lain d'Masiv yang juga dikabarkan amat mirip dengan lagu-lagu luar negeri adalah Dilema (mirip Solder's Poem milik Muse), Diam Tanpa Kata (Awakening dari Switchfoot), Dan Kamu (Head over Heels (In this Life) milik Switchfoot), Sebelah Mata (The Take Over, The Breaks Over dari Fall Out Boy), Lukaku (Drive milik Incubus), Cinta Sampai di Sini (Into the Sun dari Lifehouse), dan Tak Pernah Rela (Is It Any Wonder? milik Keane).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar